Minggu, 26 Desember 2010

HIPERTENSI PADA DIABETES

Defenisi hipertensi adalah tekanan darah sistolik lebih atau sama  140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih atau sama dengan 90 mmHg.
Etiologi :
Berdasarkan penyebabnya hipertensi dibagi menjadi dua golongan,yaitu :

  1. Hipertensi esensial atau hipertensi primer yang tidak diketahui penyebabnya, disebut juga hipertensi idiopatik. Terdapat 95% kasus, faktornya adalah antara lain genetik,lingkungan,hiperaktivitas susunan saraf simpatis, sistem renin angiotensis, obesitas,alkohol,merokok dll.
  2. Hipertensi sekunder atau hipertensi renal. terdapat pada 5 % dari seluruh kejadian kasus hipertensi. Hipertensi pada kehamilan juga termasuk pada kelompok ini.


Saat ini begitu banyak obat hipertensi yang beredar. Pengobatan hipertensi memang sangat "individual".  Modifikasi gaya hidup merupakan strategi yang cukup efektif dalam pengobatan pasien dengan hipertensi selain dengan obat anti hipertensi.

Saat kita akan memutuskan untuk memberikan obat antihipertensi, dan bila tidak terdapat indikasi untuk memilih golongan obat tertentu, diberikan diuretik dan atau beta bloker.

Penanganan hipertensi pada pasien dengan DM tipe 2, sangat dianjurkan mempertimbangkan kaidah-kaidah resiko kerusakan organ akibat DM nya. Insiden penderita DM prevalensinya terus meningkat

Beberapa penelitian masih menganjurkan penggunaan ACE Inhibitor  untuk pengobatan awal pada penderita hipertensi  yang menderita DM. Silahkan klik link terkait dibawah ini untuk melihat penjelasan secara ilmiahnya. Ok, mudah-mudahan materi kali ini dapat
membawa manfaat.

Link terkait :
1.Penanganan hipertensi pada DM tipe 2
2.Penggunaan Captopril pada Hipertensi dengan Diabetes
3.Hipertensi dan Diabetes

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger