Sabtu, 04 Desember 2010

Jus Jambu Biji dan Manfaat bagi Demam Berdarah

Bukan hal yg baru bagi kita semua tentang manfaat minum jus jambu biji terhadap penyembuhan penyakit Demam Berdarah Dengue(DHF)/penyakit demam berdarah. Sudah banyak peneliti yg mencoba mempelajari khasiat jus jambu biji ini.
Penyakit Demam Berdarah adalah penyakit yg masih menjadi masalah sampai saat ini. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Agypty betina. Angka kematian karena DHF masih cukup tinggi, hal ini disebabkan karena terjadi kebocoran plasma, yg terlihat dari timbulnya bintik-bintik perdarahan/ptechie ataupun perdarahan berupa mimisan dll. Hal tersebut diatas dapat terjadi karena terjadinya penurunan trombosit., hal ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kejadian Dengue Shok Syndrome yg dapat menyebabkan kematian.
Prinsip penanganan demam berdarah dengue sebenarnya adalah deteksi awal  diagnosis demam berdarah itu sendiri dan segera memberikan air minum yg banyak /segera berikan cairan infus untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan. Perlu diingat, kematian demam berdarah itu sendiri bukan disebabkan oleh virus denguenya, melainkan keterlambatan pemberian cairan oral/intra vena dan segera melakukan tranfusi jika trombosit menurun.
Nah....secara umum manfaat dari jus jambu biji dalam pengobatan demam berdarah adalah prinsip dasar dimana segera dilakukan pemberian cairan/jus/kuah sayur ataupun infus dalam upaya mengatasi dehidrsasi yg terjadi pada kasus demam berdarah.
Beberapa penelitian thd manfaat jus jambu biji memang pernah dilakukan, salah satunya yg dilakukan di FKM UNAIR,Surabaya ( http://adln.fkm.unair.ac.id ). Dimana dalam penelitian tersebut, terjadi peningkatan nilai trombosit terhadap seluruh responden (17 penderita DHF) setelah mengkonsumsi jus jambu. Menurut hemat kami, pemberian jambu biji (dalam penelitian  diatas digunakan jambu merah) dapat diberikan disamping penanganan lainnya sesuai protap penanganan Demam berdarah dengue.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger